Hadis
merupakan salah satu dari dua dasar utama hukum Islam. Oleh karena itu, tradisi
menghafal hadis merupakan hal yang tak asing dalam sejarah perkembangan Islam,
seperti halnya menghafalkan al-Qur’an. Meskipun jumlah hadis sendiri lebih
banyak dari ayat-ayat al-Qur’an.
Untuk terus
melestarikan tradisi tersebut dan mendorong kecintaan anak didik terhadap
hadis, MI Walisongo membuat program Tahfidz Hadis atau menghafal hadis.
Hadis-hadis yang dihafalkan adalah hadis-hadis pendek, dan sebagian diajarkan
dalam Mapel al-Qur’an Hadis. Selain lafadz hadis, anak didik juga diharuskan
menghafalkan arti dari hadis tersebut.
Pelaksanaan
program tersebut adalah dengan menentukan hadis-hadis yang wajib dihafalkan dan
mewajibkan murid-murid untuk membaca hadis-hadis tersebut setiap hari, setelah
salat Dhuha. Dengan begitu, murid tidak terlalu dibebani dengan hafal dan lebih
mudah dalam mendalami mapel al-Qur’an Hadis, sebab sebelumnya sudah
menghafalkan hadis yang hendak diajarkan.
Total hadis
yang wajib dihafalkan ada 22 hadis bersamaan artinya. Ini terbilang sedikit dan
mudah melihat prosentase membaca hadis-hadis tersebut adalah 6 kali dalam
seminggu, dan jangka menghaflakannya adalah 6 dimulai kelas 1 Ibtidaiyah. Berikut
ini adalah daftar hadis-hadis yang wajib dihafalkan oleh anak didik:
|
Hadis-Hadis
|
|
|
1
|
اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ
Takutlah kamu kepada Allah dimana saja kamu berada
|
|
2
|
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Mencari ilmu hukumnya wajib bagi seorang muslim
|
|
3
|
اَلْجَنَّةُ تَحْتَ أقْدامِ الأُمَّهَاتِ
Surga itu di bawah telapak kaki ibu
|
|
4
|
اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّينِ
Sholat itu tiang agama
|
|
5
|
اَللَّهُ فِي عَوْنِ العَبْدِ مَا كَانَ العَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ
Allah akan menolong hambanya selagi mereka mau
menolong saudaranya
|
|
6
|
خَيْرُ النَّاسِ أنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat
kepada orang lain
|
|
7
|
أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
Orang yang paling sempurna imannya adalah orang
yang paling baik akhlaknya
|
|
8
|
إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَقِ
Sungguh aku (Muhammad) telah diutus untuk
menyempurnakan akhlak
|
|
9
|
مِنْ حُسْنِ إسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ
Sebagian dari baiknya Islamnya seseorang adalah
meninggalkan sesuatu yang tidak berguna
|
|
10
|
إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى
إِلَى الْجَنَّةِ
Sungguh kejujuran membawa kebaikan dan sungguh
kebaikan itu jalan menuju ke surge
|
|
11
|
المُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ
Semua orang muslim itu saling bersaudara
|
|
12
|
قُلْ خَيْراً أوْ لِيَصْمُتْ
Berkatalah benar atau lebih baik diam
|
|
13
|
رِضَا اللَّهِ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ وَسَخَطُ اللَّهِ فِي
سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ
Keridhaan Allah itu didasarkan atas keridhaan
orang tua, dan kemurkaan Allah itu didasarkan atas kemurkaan orang tua
|
|
14
|
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ
وَعِشْرِينَ دَرَجَةً
Shalat
berjamaah lebih utama dari shalat sendirian dengan selisih dua puluh tujuh
derajat
|
|
15
|
المُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضاً
Orang
mukmin yang satu dengan mukmin yang lain bagaikan satu bangunan, satu dengan
yang lainnya saling mengokohkan
|
|
16
|
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِىءٍ
مَا نَوَى
Sesungguhnya sah
atau tidaknya suatu amal, bergantung kepada niatnya. Dan yang dianggap
amal setiap orang adalah apa yang ia niatkan
|
|
17
|
اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ
تَمْحُهَا، وخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
Bertakwalah kepada Allah di manapun kamu berada,
dan ikutilah perbuatan buruk itu dengan perbuatan baik, niscaya akan
menghapuskannya. Dan bergaullah kepada
manusia dengan akhlak yang baik
|
|
18
|
مَنْ أَحَبَّ أنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي
أثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Barang siapa ingin diluaskan rezekinya dan
dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia bersilaturrahim
|
|
19
|
(( أَنَا وَكَافلُ اليَتِيمِ في الجَنَّةِ هَكَذَا )) وَأَشارَ
بالسَّبَّابَةِ وَالوُسْطَى ، وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا
”aku
dengan pelindung anak yatim di surga adalah seperti ini”, beliau menunjukkan
telunjuk dan jari tengah serta beliau merenggangkan antara keduanya.
|
|
20
|
آيَةُ المُنَافِقِ ثَلاثٌ : إذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ
أخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga; apabila
berkata selalu berbohong, apabila berjanji selalu mengingkari, dan apabila
dipercaya selalu khianat
|
|
21
|
اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اليَدِ السُّفْلَى ، وَاليَدُ
العُلْيَا هِيَ المُنْفِقَةُ ، وَالسُّفْلَى هِيَ السَّائِلَةُ
Tangan
di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah yang
menafkahkan (memberi) dan tangan di bawah adalah yang meminta.
|
|
22
|
إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلاثٍ :
صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ
يَدْعُو لَهُ
Apabila
anak Adam (manusia) telah meningal dunia, terputuslah semua amalnya kecuali
tiga perkara; yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfa’at, dan anak shalih
yang mendo’akan kedua orang tuanya
|
0 komentar:
Posting Komentar